ATRAKSI

1.      Festival Danau Kerinci
         Dilaksanakan setiap setahun sekali pada bulan juli, berlokasi di tepian Danau Kerinci. Pada saat pembukaan dan penutupan Festival Danau Kerinci biasanya ditampilakan berbagai jenis tarian khas daerah Kerinci dan musik tradisional Kerinci (musik tambur).
Tari Naik Niti Mahligai
 
 
Tari Masal
 
2.      Tari Asyiek Ayun Luci
        Tari Asyiek Ayun Luci merupakan sebuah tarian mengandung unsur magic. Tarian ini menunjukkan rasa syukur atas rahmat yang diberikan oleh sang pencipta atas mulai keluarnya isi padi yang ditanam disawah, biasanya dilaksanakan setiap habis panen padi.
          Selain itu tarian ini bertujuan pula untuk menolak bala terhadap serangan hama penyakit yang mengganggu, tanaman kecil yang berisi sesajian yang digantungkan ke luci besar yang juga berisi sesajian. Pawang membacakan mantera sambil mengayunkan luci-luci yang bergantungan.
           Para penari menari-nari mengelilingi luci sambil sesekali memercikkan air bunga cina, semakin lama gerakannya semakin kencang sesuai dengan tempo musik. Seiring dengan itu penari akan mengalami trance (tidak sadarkan diri), kemudian para penari akan diobati oleh pawang begitulah sampai seterusnya sampai pawang menyatakan bahwa maksud sudah tersampaikan.(pesona wisata kabupaten kerinci)
Tari Asyiek Ayun Luci

3.      Kenduri sko
            Kenduri Sko merupakan gabungan kata dari kenduri yang berarti perhelatan dan sko yang berarti perbuatan atau peraturan  yang berlaku turun termurun. Perbuatan disini maksudnya adalah yang telah sesuai dengan adat  dan kebiasaan.
           Kenduri sko yang terbesar adalah penobatan depati dan permintaan  yaitu kaum adat yang terpilih menjadi pemuka masyarakat yang akan mengatur anak negeri, terutama anak kemenakan dari kaum adat itu sendiri.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar